Sejarah


      Apa itu sejarah? Menurut wikipedia sejarah dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal-usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah. Adapun ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia.
      Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.
      Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang dipakai dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.
       Banyak orang beranggapan mempelajari sejarah adalah sesuatu yang tidak penting, karena hanya membuang waktu saja. Sejarah adalah topik ilmu pengetahuan yang sangat menarik. Tak hanya itu, sejarah juga mengajarkan hal-hal yang sangat penting, terutama mengenai: keberhasilan dan kegagalan dari para pemimpin kita, sistem perekonomian yang pernah ada, bentuk-bentuk pemerintahan, dan hal-hal penting lainnya dalam kehidupan manusia sepanjang sejarah. Dari sejarah, kita dapat mempelajari apa saja yang memengaruhi kemajuan dan kejatuhan sebuah negara atau sebuah peradaban. Kita juga dapat mempelajari latar belakang alasan kegiatan politik, pengaruh dari filsafat sosial, serta sudut pandang budaya dan teknologi yang bermacam-macam, sepanjang zaman. Kejadian yang telah terjadi dalam hidup kita pun termasuk sejarah. Salah satu kutipan tentang pentingnya belajar sejarah ditulis oleh seorang filsuf dari Spanyol.
"Mereka yang tidak mengenal masa lalunya, dikutuk untuk mengulanginya." George Santayana.
    Jadi, mempelajari sejarah sangatlah penting karena dengan mempelajari sejarah, kita dapat mengambil pelajaran dari masa lalu agar kita tidak mengulangi suatu kesalahan yang sama. Sejarah dapat di ibaratkan sebagai cerminan hidup, ambilah yang baik dan tinggalkanlah perilaku yang buruk, karena dengan mempelajari sejarah insya allah kita akan menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Namun, ini dikembalikan pada pribadi masing-masing, karena setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS