Galendo

Kelapa adalah pohon yang banyak sekali memiliki manfaat, mulai dari daun, batang, buah, bahkan akarnya juga bisa dimanfaatkan. Dari buahnya kita mengenal yang namanya es degan, ada kelapa bakar, dll. Selain itu buah kelapa bisa dibuat menjadi minyak keletik, yang memiliki aroma khas. selain itu sisa dari pembuatan minyak tersebut masih bisa dibuat makanan yang cukup unik baik rasa maupun aromanya. Makanan tersebut bernama galendo. Galendo merupakan penganan khas Ciamis yang terbuat dari kelapa. Galendo bisa dijadikan penganan saat santai, tapi galendo juga bisa dijadikan sebagai makanan ikan. Sebenarnya di Ciamis banyak sekali yang memproduksi galendo, namun kebanyakan hanya membuat galendo untuk pakan ternak saja atau untuk dikonsumsi pribadi dan yang menjadikan galendo sebagai industri rumahan yang cukup menjanjikan hanya sedikit saja.

Salah satu pengusaha galendo yang cukup terkenal di Ciamis adalah Bapak Endut Rohadi, saungnya selalu ramai dikunjungi wisatawan yang melewati, atau kebetulan sedang berada di Kabupaten Ciamis. Apalagi di saat lebaran biasanya saungnya ramai dikunjungi orang yang ingin membeli galendo.

Seiring berjalannya waktu galendo sekarang usaha yang menjanjikan, terbukti dengan dilakukannya banyak inovasi terutama dalam hal rasa, dan kemasannya membuat nilai jual galendo semakin meningkat. Ada berbagai varian rasa diantaranya rasa asli, rasa coklat, rasa susu, dan rasa wijen.

Penasaran ingin mencoba atau ingin mencicipi galendo, silakan datang saja langsung ke Kabupaten Ciamis. 
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Galendo"

Posting Komentar